Asem-asem Ikan Layang

by - Thursday, January 17, 2019

Tema menulis bahagia hari ini adalah memasak. Eits, jangan buru-buru beranggapan, aku memasak sesuatu yang wah dengan bumbu berat nan susah. Sama sekali tidak.



Hari ini aku justru masak yang simpel-simpel saja. Berhubung harinya mendung, inginnya menikmati makanan olahan rumah, tapi lagi malas masak yang berat-berat. Maka, diputuskanlah, menunya asem-asem ikan saja. Gampang membuatnya, dan rasanya pun menyegarkan.

Musim durian, sepertinya enggak lama lagi akan berakhir. Hal tersebut bisa dilihat dari lapak Acil penjual ikan, yang kembali terisi ikan, setelah sempat membuat galau para Mamak, akibat beliau beralih profesi menjadi penjual durian beberapa waktu lalu. Ah, syukurlah! Setidaknya, sekarang aku enggak kebingungan lagi, harus beli ikan ke mana.

Durian berkurang, ikan tersedia kembali, dan pilihannya pun banyak. Tapi, sayang harganya sedang melonjak naik. Menurut Acil penjual, kenaikan ini ada hubungannya dengan air sungai yang pasang. Membuat kegiatan menangkap ikan lebih sulit dibanding biasanya.

Ya, enggak papa. Beli saja sesuai kemampuan. Aku pun memutuskan membeli ikan jelawat ¼ kg, ikan layang ½ kg, dan ikan kecil-kecil enggak tahu namanya*wkwkwk* juga sebanyak ½ kg. Beli ikan sampai tiga macam, padahal jumlah penghuni rumah cuma bertiga. Banyak amat! Hihi ...

Ikan-ikan tersebut enggak habis sekali makan, kok. Cukup buat persediaan sampai tiga hari. Dimasak setengah matang, kemudian disimpan di kulkas. Jadi, saat hendak dikonsumsi tinggal dipanaskan saja. Idealnya, sih, dimakan sekali habis dalam sehari, tapi kalau ingat kegiatan bolak-balik ke pasar yang merepotkan. Cara ini adalah pilihan supaya tidak harus ke pasar setiap hari.

Oke, berikut ini resep asem-asem ikan layang ala Mamak Danish, ya. Cekidot:

Bahan-bahannya:

- Ikan Layang ½ kg
- Bawang merah 5 siung iris kasar
- Bawang putih 4 siung iris kasar
- Jahe 3 cm iris kasar
- Kunyit 3 cm iris kasar
- Tomat 3 buah belah 4       
- 1 batang serai/ 1 ikat kemangi

Cara membuatnya sangat gampang. Semua bahan direbus jadi satu, dan beri garam. Tunggu mendidih. Tes rasa. Angkat, dan hidangkan!

Sangat mudah, bukan? Selamat mencoba!

#Postingan ini diikutsertakan pada tantangan one day one posting bersama Estrilook Community

#day17







You May Also Like

0 komentar