Aktivitas Menulis Hari Ini

by - Monday, January 21, 2019

Niatnya, sih, ingin menulis cerita semasa SMA hari ini. Tapi, berhubung seharian disibukkan dengan mengejar deadline antologi cerita anak, yang diselenggarakan IIDN. terpaksa tulisan buat one day one Posting bersama Estrilook-nya ditunda hingga malam ini.

Sumber Foto. Pixabay


Alhamdulillah, naskahnya rampung juga, dan berhasil dikumpulkan sekitar 2 jam sebelum deadline. Meskipun, akan melalui seleksi lagi, apakah naskahku menjadi salah satu yang diterima atau ditolak, itu urusan belakangan, yang penting aku usaha dulu. Mengumpul naskah dulu. Berharap lolos itu pasti, tapi harus tahu diri juga. Sadar dengan keadaan diri yang masih pemula.

Sebenarnya, proyek antologi ini sendiri sudah dimulai 2 minggu yang lalu. Hanya saja, karena kebingungan mencari ide yang sesuai dihati, mengakibatkan pengerjaan naskahnya baru dimulai beberapa hari belakangan. Itu pun setelah melalui gonta-ganti tema.

Tak mudah memang bagi pemula sepertiku melahirkan tulisan. Enggak seperti senior-senior yang mampu menyelesaikan tugas menulis sampai berlembar-lembar dalam sehari. Bagiku butuh waktu mencari ide, menyusun outline, baru kemudian menuangkannya ke dalam tulisan.

Walau sudah punya sedikit gambaran bagaimana membuat cerita anak. Tetap saja, proyek kedua ini berbeda karakternya dengan yang dahulu. Kalau proyek antologi cerita anak, yang kuikuti pertama kali bersama wonderland family, kami membuat cerita berdasarkan fabel, dengan jumlah kata maksimal 400. Itu pun nasib naskahku belum jelas juga, apa termasuk yang berhasil lolos atau justru gagal. Masih deg-degan menunggu hasilnya hingga sekarang.

Sedangkan, antologi bersama IIDN ini ceritanya bebas saja, yang ditentukan jumlah katanya maksimal 1000, yang berarti lebih panjang dari yang sebelumnya.

Aku masih bersemangat menyelesaikan setiap tantangan menulis yang diselenggarakan komunitas, maupun menuntaskan beberapa proyek menulis antologi. Bagiku, semua tugas menulis kuanggap penting. Contohnya mengikuti tantangan odop estrilook, meskipun tak ada sangsi bagi yang terlambat setor postingan. Aku tetap berusaha menerbitkan tulisanku setiap hari. Tepat waktu dan tanpa rapel, dan sejauh ini aku masih mampu memenuhi tantangan tersebut. Entah bagaimana nantinya. Aku hanya berharap, aku akan berhasil juga kali ini. Demi diriku sendiri yang bercita-cita menjadi penulis.


#Postingan ini diikutsertakan pada tantangan one day one posting bersama Estrilook Community

#day21

You May Also Like

0 komentar