Tips Menulis Bagi Pemula

by - Thursday, October 25, 2018

Semua orang tahu menulis banyak manfaatnya. Selain ajang aktualisasi diri dan menghasilkan karya, menulis juga bisa sebagai terapi, lho, Ladies.

Tapi, tak semua orang bisa menulis. Bagi sebagian orang, menulis itu susah lagi membosankan. Tak hanya itu, banyak orang mau belajar menulis, namun tak tahu harus mulai dari mana.

Padahal, menulis tak sulit asal tahu caranya. Berikut tips menulis bagi pemula

1. Ide

Untuk menentukan ide nggak harus yang berat-berat kok, Ladies. Bahkan, aktivitas sehari-hari, mulai bangun tidur sampai tidur lagi ada yang bisa dijadikan ide menulis juga, lho.


2. Pilih Tema yang Sederhana

Semua penulis ingin menghasilkan tulisan yang berkualitas dan bermanfaat. Namun, sebagai penulis pemula harus sadar, bahwa untuk menghasilkan tulisan yang demikian butuh proses dan latihan terus-menerus. Nah, supaya aktivitas menulis terasa menyenangkan, dan semangat menulis tetap terjaga, Ladies bisa mulai menulis hal-hal sederhana berdasarkan pengalaman hidup sehari-hari.

3. Pilih Topik yang Dikuasai

Menjadi penulis hebat memang idaman semua orang, ya, Ladies. Tapi, tak perlu terintimidasi dengan kemampuan penulis terkenal, ya, karena asalnya mereka pun merintis dari pemula juga. Agar kepercayaan diri tetap terjaga, mulailah menulis berdasarkan ide yang kita kuasai.

4. Mengumpulkan Informasi

Tulisan yang bagus, tak hanya lahir dari pikiran penulis. Melainkan didukung  banyak sumber informasi lainnya, entah dari buku, jurnal, media cetak, dan lain lain. Oleh sebab itu, sebelum mulai menulis, sebaiknya, kumpulkan informasi penunjang untuk memperkaya tulisan kita ya, Ladies.

5. Membuat Kerangka Tulisan

Penulis profesional boleh jadi tak memerlukan outline. Namun, kalau kita masih pemula, dan topik tulisan kita serius, ada baiknya membuat kerangka tulisan sebelum menulis. Tujuannya, agar tulisan tetap fokus dan pembahasannya tidak melebar kemana-kemana.

Demikian tips menulis bagi pemula, ya, Smart Ladies. Asah terus kemampuan dengan terus berlatih, agar kemampuan kita semakin baik. Semoga bermanfaat, ya.

#Postingan ini diikutsertakan pada tantangan one day one posting bersama Estrilook Community


You May Also Like

0 komentar