Manfaat Menulis Bagi Kesehatan

by - Friday, October 26, 2018



Hai, Bloggers...

Hidup tak selalu indah dan menyenangkan. Sekali dua kita akan mengalami emosi negatif seperti kecewa, sedih, marah dan tertekan. Sayangnya, tidak semua rasa itu dapat kita keluarkan atau lampiaskan. Adakalanya, karena sesuatu dan lain hal perasaan itu kita pendam saja.


Namun, memendam emosi negatif ibarat memasukkan racun ke dalam tubuh. Menimbulkan penyakit yang merugikan diri, contohnya adalah penyakit Asma.

Memang benar, stress bukan satu-satunya pemicu Asma. Akan tetapi perubahan psikologis pada tubuh seseorang, menyebabkan penegangan otot di sekitar saluran napas, yang memicu timbulnya Asma. Sehingga, stress dapat memperparah keadaan mereka yang memiliki penyakit tersebut.

Di sisi lain, aktivitas menulis bisa berguna juga, lho, sebagai terapi baik kesehatan fisik maupun mental. Berikut ulasan manfaat menulis bagi kesehatan

1. Memperbaiki Suasana Hati

Adakalanya suasana hati kita buruk dan tidak bersahabat. Teman yang menyebalkan, rencana yang gagal bahkan cuaca yang tidak menentu bisa saja menjadi penyebab seseorang galau.  Dengan menulis apa yang dirasakan, selain mengurangi beban mental juga mencegah diri dari menyebar energi negatif ke orang-orang sekitar.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Stress menyebabkan peningkatan denyut jantung yang berakibat tekanan darah meningkat hingga 40%, walaupun hanya untuk sementara. Ketika menghindarkan diri dari stress mustahil, mengapa tidak dibawa menulis saja. Dengan menumpahkan segala rasa bukan hanya menimbulkan perasaan lega, tapi juga syukur, karena tahu cara melampiaskan emosi tanpa menyebabkan masalah bagi diri sendiri dan orang lain.

3. Mengurangi Stress

Dari pada memendam stress lebih baik menguraikannya ke dalam tulisan. Jika dilakukan secara rutin dan terus menerus bukan tak mungkin dapat membebaskan pelakunya dari simpul-simpul emosi negatif yang mengendap didasar jiwa.

4. Membantu Tidur Nyenyak

Kebiasaan menulis apa yang kita rasakan sebelum tidur, baik pengalaman sedih atau bahagia dapat menghadirkan perasaan lega dan syukur. Sehingga, mengurangi perasaan cemas yang menjadi penyebab sulit tidur.

Demikian manfaat menulis bagi kesehatan, ya, Ladies. Teruslah menulis agar hidup kita semakin sehat. Semoga bermanfaat ya

Photo Credit: pexels.com

#Postingan ini diikutsertakan pada tantangan one day one posting bersama Estrilook Community





You May Also Like

0 komentar