6 Alasan Orang Berutang

by - Sunday, October 28, 2018

 Hallo, Bloggers!

Hampir semua orang pernah berhutang. Entah itu dalam jumlah besar ataupun kecil. Kebutuhan hidup yang meningkat, terutama hidup di kota besar diduga sebagai alasan orang berutang. Ada yang berutang untuk memulai usaha, memenuhi kebutuhan dan biaya perawatan. Namun, ada juga yang berutang demi gaya hidup.
Berikut alasan mengapa orang berutang


1.  Terdesak atau kepepet

Umumnya yang sering mengalami terdesak dan harus berutang adalah siswa atau mahasiswa, terutama yang hidupnya di kos. Ada yang terpaksa berutang karena uang yang  dikirim tak mencukupi, sedangkan kebutuhan lebih banyak. Mau tidak mau mengharuskan kita untuk berutang.

2. Biaya Tak Terduga

Tidak semua orang suka berutang. Tapi, pada situasi tak terduga, seperti anggota  keluarga yang sakit dan memerlukan banyak biaya perawatan, sedangkan tabungan tak mencukupi untuk membayarnya, adalah, alasan sebagian orang terpaksa berutang.

3. Untuk Modal Usaha atau Investasi

Memulai atau mengembangkan usaha memang lebih baik pakai uang tabungan sendiri. Namun, menunggu tabungan cukup sebagai modal, biasanya memerlukan waktu yang lama. Sedangkan, bagi penggiat usaha, modal harus tersedia segera. Nah, jalan satu-satunya agar bisnis berjalan lancar adalah dengan berutang

4. Tersedia Peluang untuk Berutang

Di zaman modern yang serba dimudahkan ini, peluang untuk berutang juga terbuka lebar. Tawaran belanja dengan kartu kredit, yang menawarkan pembelian produk tertentu dengan bunga nol persen, atau cicilan hingga 12 bulan adalah contoh tawaran yang sering menjebak konsumen terjerumus dalam utang.

5. Habit

Memang terdengar aneh, ada orang yang berutang karena kebiasaan. Namun, kenyataannya ada orang yang hidupnya tak pernah lepas dari utang. Lunas dari utang yang satu berlanjut pada utang lain. Sepertinya, solusi permasalahan hidupnya, adalah dengan berutang

6. Gaya Hidup

Tampil berkelas memang impian semua orang. Tak heran, agar bisa  berpenampilan mewah ini, sebagian orang rela mengeluarkan banyak uang. Sehingga, tak sedikit mereka yang terjebak utang karena harus bergaya tak sesuai kemampuan.


Demikian 6 penyebab orang berutang. Karena utang memiliki dampak buruk bagi kondisi finansial kita, sudah seharusnya kita tidak menjadikan utang sebagai kebiasaan. Semoga bermanfaat, ya.

Photo Credit : pixabay

#Postingan ini diikutsertakan pada tantangan one day one posting bersama Estrilook Community





You May Also Like

0 komentar