Agar Utang Tidak Merusak Hubungan Pertemanan

by - Saturday, March 02, 2019

Beberapa hari ini sliweran quotes-quotes tentang utang di laman media sosialku. Quotes yang rata-rata bernada sindiran tersebut, mengisyaratkan satu hal yang sama. Tingkah para pengutang yang tidak kunjung membayar utangnya, atau enggan membayar kecuali ditagih dahulu.

Sumber Foto. Pexels.com

Dari status orang-orang tersebut dapat disimpulkan tabiat para peminjam duit atau pengutang zaman ini. Memasang tampang memelas dan meminta dikasihani saat pinjam uang. Namun ketika waktunya membayar malah menunda-nunda atau pura-pura lupa. Padahal boleh jadi yang meminjamkan uang tersebut sama butuhnya terhadap uang itu.

Nah, agar hubungan antara pemberi pinjaman dan peminjam tidak berakhir buruk. Ada baiknya pihak yang berutang melakukan hal-hal berikut ini :

1. Niat Baik

Siapa pun yang berutang harus punya niat baik. Meminjam uang dengan maksud akan mengembalikannya. Karena tindakan biasanya berdasarkan niat si pelaku. Demikian halnya dengan perkara hutang-piutang. Orang yang berniat membayar utang pasti akan diberi kemudahan untuk segera melunasi pinjamannya, karena baginya utang itu beban yang dapat mengganggu kenyamanan hidup jika tidak segera dibayar

2. Jangan Gampang Berutang

Sudah banyak contoh dalam kejadian sehari-hari. Ada orang yang hidupnya kacau gara-gara utang. Sering berbohong hanyalah sedikit dari banyak contoh tabiat orang yang dililit utang, hidup dalam kegelisahan hingga rumah tangga yang tidak tenang. Oleh karena itu, hendaklah kita menghindar sifat suka berutang ini supaya hidup kita damai dan tenteram.

3. Jangan Menghindar Pemberi Utang

Ada beberapa orang yang memasang tampang memelas saat meminjam uang, tetapi menghindar bertemu si pemberi utang setelahnya. Sebaiknya, jika belum mampu membayar sejumlah pinjaman, katakan alasan sebenarnya dan tidak berbohong, apalagi sampai memutuskan kontak dengan pengutang.

4. Catat Jumlah Utang

Jangan lupa untuk mencatat utang yang kita pinjam, agar tidak ada pihak yang dirugikan. Kalau lupa mencatat dan tidak ingin mengambil hak orang lain. Tidak ada salahnya membayar lebih dari yang seharusnya. Itu jauh lebih menentramkan.

5. Bayar Utang Segera Saat Punya Uang

Salah satu perbuatan yang disukai para pemberi pinjaman adalah orang yang berutang segera melunasi pinjamannya setelah memiliki uang. Yang meminjamkan uang tidak kapok dan hubungan baik kita dan orang lain pun tak rusak gara-gara utang.

6. Utang akan Dibawa Mati

Hal penting yang harus diingat, utang akan dibawa mati. Dari pada hidup tersiksa di akhirat karena utang, lebih baik kita tuntaskan selama hidup di dunia. Bayar utang selagi diberi umur buat hidup.

7. Berdoa

Hal terakhir jangan lupa terus berdoa sungguh-sungguh kepada Allah SWT agar dimudahkan membayar utang. Memohon dengan sangat supaya tidak dicabut nyawa dari raga kita sebelum melunaskan semua utang-utang.

Demikianlah beberapa hal yang sebaiknya dilakukan para pengutang, agar utang yang diambil tidak merusak hubungan dengan orang lain.

#SETIP day9




You May Also Like

2 komentar

  1. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif :
    arena-domino.club
    arena-domino.vip
    100% Memuaskan ^-^

    ReplyDelete
  2. Thanks infonya. Ngomongin utang, ternyata ada loh beberapa jenis utang yang masuk kategori berbahaya. Pokoknya kamu jangan sampe deh terjebak di dalamnya. Apa aja utang itu? Cek di sini yuk: Jenis utang yang berbahaya

    ReplyDelete