Tips Sehat Bermedia Sosial

by - Saturday, March 16, 2019

Dalam era media sosial masa ini, dan terutama ketika menghadapi tahun pemilihan presiden seperti sekarang. Kita dihadapkan pada situasi tidak menentu. Termasuk mudahnya berita yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya tersebar di mana saja, yang biasa kita kenal dengan sebutan hoax.

Sumber Foto. Pexels.com

Hoax adalah berita palsu yang terlihat seolah-olah benar. Sehingga, jika tidak berhati-hati bisa saja kita menjadi korban karena termakan berita palsu, atau justru yang terburuk justru menjadi penyebar berita tak benar tersebut.

Nah, agar acara bermedia sosial kita sehat dan terhindar dari menjadi penyebar hoax, ada baiknya melakukan hal-hal berikut ini :

1. Perbaiki Niat

Perbaiki niat sebelum mulai bermedia sosial. Bahwa, kita hanya akan menggunakan media sosial untuk tujuan kebaikan semata, menjalin silaturahmi dan pertemanan serta tidak dipakai buat menyebar berita bohong atau hal-hal yang menimbulkan perselisihan. Prinsipnya, kalau tidak mampu menyebarkan postingan bermanfaat, setidaknya status kita bisa menghibur dan tidak memancing permusuhan.

2. Bertanya Pada Diri Sendiri Apakah Postingan Ini Bermanfaat atau Tidak?

Sebelum posting sesuatu, sebaiknya bertanya pada diri dulu. Apakah postinganku ini membawa manfaat atau tidak? Menyinggung orang lain atau komunitas tertentu atau tidak? Menimbulkan perdebatan atau tidak? Hal ini perlu dilakukan demi menghindari timbulnya permusuhan, atau rasa tidak nyaman pengguna sosial media lainnya.

3. Cek Narasumber

Biasakan sebelum menyebar suatu berita, perhatikan dulu narasumbernya. Kalau ia aktif bermedia sosial, cek mulai dari foto profile dan status di linimasa orang tersebut. Hal ini dilakukan sebagai pertimbangan apa berita yang kita bagi bisa dipertanggung jawabkan kebenaran dan keabsahannya atau tidak.

4. Antisipasi Judul yang Bombastis

Biasanya untuk menarik minat pembaca, penulis entah artikel atau berita sering memberi judul yang provokatif. Di sinilah kita sebagai pembaca harus berhati-hati. Tidak ada salahnya mencari perbandingan dari media berbeda agar diperoleh berita yang sebenarnya.

5. Baca Secara Menyeluruh

Setiap berita sebaiknya dibaca secara menyeluruh, agar kita tidak salah menyimpulkan isinya. Setelah yakin beritanya bermanfaat dan tidak merugikan pihak mana pun baru boleh di share.

Demikian lima tips yang bisa dilakukan agar kita terhindar dari hoax. Semoga bermanfaat, ya!

#SETIP day15



You May Also Like

0 komentar