Seminar Sehari dalam Rangka Peringatan Ulang Tahun Istri Bupati Muara Teweh

by - Monday, March 04, 2019

Kemarin tepatnya tanggal 2 maret 2019, aku, bu Teguh, mbak Selvie, ibu Rahimah istri KPA Muara Teweh dan Dina Tiara Ihsan menghadiri kegiatan seminar sehari bertajuk "Tampil Cantik dan Menarik dalam Berbicara di Depan Publik" yang diselenggarakan dalam rangka merayakan hari ulang tahun istri bupati Barito Utara, yaitu, Ny. Hj. Sri Hidayati Nadalsyah.

Sumber Foto. Koleksi Pribadi

Kegiatan tersebut istimewa karena menghadirkan pembicara yang terkenal pakar di bidang public speaking, yaitu Dra. Indah S. Dewi Soekotjo, MSc, yang mana dalam kesempatan tersebut, ibu Indah menyampaikan tentang tiga hal yang harus dikuasai seseorang jika ingin menjadi public speakers , yaitu :

Sumber Foto. Koleksi Pribadi

1. Tiga V

-Verbal, dalam artian seorang pembicara yang baik harus menguasai teknik berbicara di depan umum, agar audience merasa betah mendengar penjelasannya dan materi yang disampaikan pun mudah diterima.

- Vokal, salah satu poin pokok yang menunjang performa seorang pembicara adalah, penguasaan teknik vokal menggunakan pernapasan diafragma, yang menggunakan otot untuk memaksa udara dari paru-paru ke pita suara. Teknik ini tujuannya agar suara lebih jelas dan memaksimalkan pernapasan.

- Visual, yang tak kalah penting yang harus diperhatikan seorang pembicara adalah menjaga penampilan. Keserasian dan kesesuaian kostum dengan acara, serta penggunaan make up yang tidak berlebihan bagi perempuan. Sehingga penampilan seorang public speaker nyaman dan indah dipandang mata.

2. 5W + 1H

Seorang pembicara tentu saja harus menguasai materi yang hendak disampaikan dengan baik. Sebagai panduan persiapan, kuasai materi berdasarkan 5W+1H, yaitu, what, who, when, where, why dan how.

3. PIK/PIP

Pik adalah akronim dari pembukaan, isi dan kesimpulan. Kuasai ketiganya niscaya penyampaian materi akan lancar.

Demikian hasil seminar sehari yang kami hadiri beberapa waktu lalu. Semoga bermanfaat, ya!

#SETIP day 11

You May Also Like

0 komentar