Sarden Homemade

by - Sunday, March 24, 2019

Bangun tidur pagi ini badan rasanya lelah sekali. Padahal tadi malam enggak terlambat tidur seperti beberapa hari ini. Kalau menurut keinginan hati. Rasanya ingin melanjutkan tidur saja dari pada beraktivitas.

Sarden homemade

Namun, keinginan itu hanya ada dalam otak saja. Sebagai ibu rumah tangga yang bertanggung jawab menyediakan hidangan sehat buat keluarga. Aku enggak bisa lagi menuruti keinginan hatiku bermalas-malasan. Soalnya, sudah dua hari aku tidak masak. Jadi, kendati rasanya sangat berat, aku harus ke pasar untuk berbelanja kebutuhan kami.

Rencananya, sehabis dari pasar. Ikan atau apa pun yang dibeli akan disimpan di dalam kulkas saja, supaya aku bisa melanjutkan tidur, dan urusan memasak bisa dilakukan nanti kalau badan sudah fresh. 

Akan tetapi, rencana tinggal rencana. Sepulang dari pasar, aku hanya sempat istirahat sebentar. Badan yang terlalu lelah malah tak bisa tidur. Dengan menguatkan diri, aku pun memasak.

Aku membeli ikan layang dan tulang iga. Yang iga di masak asem-asem, sedangkan ikannya dibuat sarden. Kebetulan ketemu resep membuat ikan sarden dari facebook. Ketika bertanya pada suami. Apa ia mau dibuatkan sarden? Suami pun menjawab mau.

Syukur, bahan-bahannya mudah dan cara membuatnya gampang.

Oke, supaya enggak berpanjang lebar. Intip bahan dan cara membuat sarden, yuk!

Sarden homemade

Bahan :

- ikan layang
- Bawang Merah
- Bawang Putih
- Tomat
- Jahe
- Laos
- Daun salam
- Serai
- Saus tiram
- Saus tomat

Cara Membuat:

- kukus tomat. Kupas kulitnya, blender. Sisihkan.

- Haluskan bawang merah dan putih. Tumis bersama jahe, laos, dan serai yang sudah di kepruk, daun salam sampai harum. Kemudian masukan tomat yang sudah di blender, tambah garam, saus tomat dan saus tiram.

- Tata ikan di presto, masukan bumbu yang sudah di tumis, tambah air sampai ikan terbenam. Masak hingga susut. Dan sarden siap dinikmati.

Sangat mudah bukan membuatnya. Selamat mencoba!

#SETIP day19

You May Also Like

0 komentar