France Petite Madeleine

by - Tuesday, February 12, 2019


Salah satu aktivitas yang kulakukan kala merasa lelah menulis adalah bebikinan. Entah memasak atau membuat kue. Saat-saat paling menyenangkan ketika akan memanjakan lidah dengan makanan sesuai selera.

Sumber Foto. Dokumen Pribadi


Seperti yang kulakukan minggu tadi. Akibat lelah jiwa dan raga ketika berpacu dengan waktu menyelesaikan revisi naskah buku solo. Aku sempat mengalami disorientasi. Jadwal tidur yang berantakan, dan aktivitas menulis yang lebih banyak diselesaikan malam hari, membuat hari-hariku berubah.

Malam menjadi siang dan siang yang menjadi malam. Daripada senewen tak tentu arah, aku memutuskan membuat kue saja. Kebetulan Danish dan Abahnya tengah berada di Kantor si Abah. Aku memutuskan membuat kue france Petite Madeleine resep dari Tintin Rayner. Mengapa memilih resep tersebut? Jawabnya karena membuatnya mudah. Walaupun adonannya harus didiamkan semalaman, tapi membuatnya tidak memerlukan mixer

Tengok bahan yang tersedia adanya tepung, butter, gula, susu dan pasta Vanilla, tapi minus telur. Jadi, aku memutuskan membeli telur setengah kilogram. Telur sudah tersedia saatnya beraksi.

Apa saja bahan dan cara membuat France Petite Madeleine, cekidot, ya:

Bahan A

- 130 gr gula pasir
- 120 gr tepung low protein
- 1/8 sdt garam
- ¾ sdt baking powder

Bahan B

- 2 Telur ukuran besar
- 1 sdm susu cair
- 1 sdm pasta Vanilla/ biji Vanilla

Bahan C

- 115 gr Butter, lelehkan.

Cara Membuat :

- Campurkan semua bahan A aduk sampai rata pakai whisk

- Kocok bahan B sampai rata campur ke bahan A

- Masukan bahan C secara perlahan, aduk rata tapi jangan diaduk berlebihan. Perlahan saja, supaya hasilnya enggak keras.

- Tutup adonan dengan cling wrap, diamkan 3 jam- semalaman.

- Masukan pipping bag semprotkan di loyang madeleine . Karena aku enggak punya loyang yang dimaksud, aku pakai cup muffin saja.

- Panggang sampai masak.

Angkat, tunggu suhu ruang baru dikeluarkan dari loyang.

Walaupun penampakannya enggak sesuai dengan resep asli, yang penting rasanya enak banget. Iya, France Petite Madeleine ini selain enak, aromanya pun wangi banget perpaduan antara butter dan Vanilla. Selamat mencoba, ya!


#SETIP day4

You May Also Like

0 komentar