Sayur Kampung 2

by - Tuesday, November 06, 2018

3. Terong Asam

Salah satu sayuran kampung tempo dulu yang masih ada si Muara Teweh adalah terong asam.



Terong asam atau suku dayak menyebutnya dengan rimbang, seperti namanya terong asam memang terasa asam atau kecut. Biasanya, untuk mengatur tingkat keasaman bisa dengan membuang bijinya. Semakin banyak bijinya dibuang, rasa asamnya semakin berkurang.

Cara mengolahnya agar menjadi sayur yang lezat tergantung selera saja.

Kalau aku lebih suka terong asamanya disayur bening saja, ditambah bawang pasir plus ikan air tawar segar. Dijamin, perpaduan manisnya daging ikan dan rasa sayurnya yang asam akan menghasilkan cita rasa segar dan menggugah selera.

Tak hanya disayur bening, terkadang ditumis dengan sulur keladi terong asam juga cocok.

4. Bawang Pasir

Orang Batak menyebut bawang ini sebagai bawang Batak. Sedangkan suku paser, Kalimantan Timur menyebut bawang ini sebagai bawang paser.

Dulu, bawang paser ini hanya terdapat di ladang saja, makanya setiap melihat atau mencicip bawang ini rasanya nikmat banget. Ya, rasa dan aromanya. Ya, kenangannya. Apalagi jika dibuat sambel bersama tomat buah kecil. Wah! Rasanya semakin mantap

Makanya, kalau lagi malas bikin sambel yang diulek, aku sengaja bikin sambel rajang, dengan bahan-bahan seperti tomat, cabai, bawang merah dan bawang pasir yang semuanya di rajang. Rasanya, enak banget. Silakan dicoba, ya.

#Golde-day3



You May Also Like

0 komentar