5 Manfaat Mengunjungi Museum

by - Monday, February 03, 2020

Tidak seperti yang sudah-sudah. Liburan yang lalu kami, aku dan keluarga kakak ipar memutuskan mengunjungi museum Lambung Mangkurat yang terletak di kotamadia Banjarbaru. Sebenarnya sudah lama berniat mampir ke sana. Cuma entah mengapa selalu lupa. Ada saja kegiatan lain yang didahulukan. Sehingga mengunjungi museum tak pernah dilakukan.

Museum Lambung Mangkurat

Apa mungkin karena letak museum yang tidak terlalu jauh? Biasanya sih begitu. Mungkin akibat letaknya yang dekat dari rumah mertua. Hanya memerlukan sekitar dua puluh menit menggunakan kendaraan, yang membuat niat mendatangi museum ini selalu terpinggirkan diganti mengunjungi tempat lain yang lebih nge-hits. Mikirnya, toh, mengunjungi museum bisa nanti-nanti saja.

Padahal mengunjungi museum tidak kalah asyik juga, karena selain bisa cuci mata kita akan mendapat pengetahuan baru tentang banyak hal.

Foto : Koleksi Pribadi. Rumah Adat Banjar

Benar saja, saat tiba di museum putra saya dan para keponakan merasa excited. Bertolak belakang dari perkiraan museum Lambung Mangkurat ternyata tempat yang sangat nyaman buat dikunjungi. Ruangannya yang ber-AC terasa adem dan membuat betah.

Tetapi tentu saja daya tarik utamanya adalah melihat-lihat benda peninggalan sejarah, diorama, membaca informasi tentang silsilah kerajaan Banjar, ulama-ulama kharismatik dan karya-karya mereka yang terpampang di sana, semua itu sungguh membantu pengunjung mendapatkan perspektif baru tentang hidup di masa lalu.

Kitab Sabilal Muhtadin karangan Syekh Arsyad Albanjari

Nah, apa saja keuntungan piknik ke museum, simak penjelasan di bawah ini:

1. Menambah Wawasan

Mengunjungi museum akan menambah wawasan. Maksudnya, melihat benda-benda atau fosil peninggalan zaman dulu kita jadi bisa mengira-ngira kehidupan seperti apa yang dijalani orang pada zaman dahulu. Alat-alat apa yang mereka gunakan untuk bertahan maupun mengatasi tantangan hidup yang penuh keterbatasan. Hal ini dapat membuka wawasan kita dalam melihat dunia ini

2. Tempat Terbaik Mempelajari Masa Lalu

Masa lalu memang sudah berlalu. Akan tetapi tidak berarti harus dilupakan. Bahkan, sering kita mendengar anjuran untuk belajar pada sejarah mengenai beberapa hal. Contohnya, memperkuat rasa cinta tanah air. Untuk hal ini kita bisa belajar dari kehidupan pahlawan atau orang-orang dulu yang berjuang mempertahankan kemerdekaan.

Alat apa yang mereka pergunakan untuk mengusir penjajah atau bagaimana cara mereka melakukan diplomasi. Semua itu selain akan kita temui di buku-buku sejarah, bisa kita temukan di museum. Tak heran jika museum dikatakan sebagai tempat terbaik mempelajari masa lalu.

3. Semakin Menghargai Sejarah

Jangan lupakan sejarah, karena yang membentuk keadaan kita sekarang, entah itu mental atau cara pandang adalah kejadian di masa dulu. Oleh karena itu anggap saja kunjungan ke museum untuk menyerap semangat kebaikan yang dilakukan orang zaman dulu. Bagaimana mereka berjuang untuk merdeka, atau bagaimana cara mereka memperlakukan alam dan hidup berdampingan secara harmonis, serta upaya mengatasi kesulitan yang dipenuhi keterbatasan demi hidup yang lebih baik.

4. Mensyukuri Hidup yang Ada dan Mengisinya dengan Hal-hal Positif

Salah satu hikmah mengunjungi museum, kita jadi semakin mensyukuri hidup yang  ada. Bayangkan jika hidup di masa yang penuh keterbatasan seperti di masa lalu. Bahkan, untuk makan saja harus berpayah-payah mengelola kebun, ladang atau sawah. Hidup tanpa penerangan yang memadai. Mau ke sana ke mari harus berjalan kaki karena tidak ada transportasi yang tersedia.

Itu belum termasuk menghadapi penindasan penjajah yang merampas kekayaan alam yang seharusnya menjadi milik kita. Sudah sepatutnyalah kita mensyukuri keadaan sekarang yang serba nyaman dan serba tersedia, sehingga ada kesadaran baru unyuk bertekad mengisi hidup dengan hal-hal bermanfaat.

5. Tempat Wisata Alternatif

Kalo kamu sudah bosan mengunjungi tempat wisata pada umumnya. Ada baiknya mengunjungi museum. Selain mendapat informasi tentang sejarah, melihat-lihat peninggalan zaman dulu bisa asyik juga, loh. Kamu juga bisa memiliki foto yang unik dengan latar belakang benda-benda peninggalan zaman dulu, yang pastinya tak kalah berkesan dibanding berfoto di tempat wisata mainstream

Demikian ulasan tentang manfaat mengunjungi museum. Dengan banyaknya kegunaan yang bakal kita dapatkan. Ternyata mengunjungi museum tak kalah asyik dibanding mendatangi tempat yang sedang ngehits ya. Semoga bermanfaat



You May Also Like

3 komentar

  1. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif :
    arena-domino.club
    arena-domino.vip
    100% Memuaskan ^-^

    ReplyDelete
  2. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif :
    arena-domino.club
    arena-domino.vip
    100% Memuaskan ^-^

    ReplyDelete
  3. JOIN NOW !!!
    Dan Dapatkan Bonus yang menggiurkan dari dewalotto.club
    Dengan Modal 20.000 anda dapat bermain banyak Games 1 ID
    BURUAN DAFTAR!
    dewa-lotto.name
    dewa-lotto.org

    ReplyDelete