Review Training Blog Untuk Pemula

by - Monday, October 08, 2018

Dears Bloggers!

Sebelum review mau cerita dulu nih, boleh ya ...


Sebenarnya aku sudah punya blog, sejak tahun 2010. Jumlah postingannya pun lumayan banyak, sekitar 35 judul. Karena dari dulu aku memang senang menulis, mengapa nggak bikin blog aja sekalian.Sebagai wadah untuk menuangkan ide, opini atau hanya sekedar tempat mengeluarkan uneg-uneg. Dari pada menghambur emosi kesana kemari, lebih baik dibawa menulis. Itung-itung mengurangi dampak kerusakan, akibat emosi negatif yang salah penyaluran.



Senang menulis dan pingin punya blog, tapi gaptek kelas kakap😅. Jangankan membuat blog lah ya, biasanya, kalo make netbook pun cuma buat nulis sama nyimpan tok. Soal ngedit, ngeprint, bikin tabel-tabel, semuanya diserahkan ke suami.

Alasannya, kepalaku mumet kalo sudah berhadapan dengan hal-hal teknis.

Hal-hal sepele macam ngatur alinea paragraph yang nggak pas aja, udah sukses menggerus kesabaranku sampe kerak-keraknya. Kalo nggak ada yang menyelamatkan, takutnya malah si laptop yang jadi korban, dijadikan sate buat menu makan malam😂. Dengan riwayat begini mana bisa disuruh bikin blog segala. Yang bener aja!😅

                     

Untungnya, ada teman yang bersedia membantuku membuat blog. Dengan syarat, aku nggak boleh terima beres. Jadi, dari awal aku harus terlibat mengerjakan blog itu. Caranya, temanku yang ngasih tahu step-step pembuatannya, dan aku yang menjalankan arahannya. Alhamdulillah, blog keroyokan itu pun jadi, membuat aku girang bukan buatan.

Aku punya blog. Aku punya blog. Horeee!😍

Punya blog, rasa punya mainan baru.

Aku pun rajin posting di blog, hingga suatu ketika, suamiku mengatakan kalo tulisanku 'kampungan'. Pernyataan yang sukses membuatku patah hati tujuh turunan.

                     

Suamiku tentu aja nggak berniat membuatku 'down' begitu rupa, dia hanya memberi masukan supaya aku menulis dengan benar, dan berhenti meniru cara bertutur yang alay binti lebay, karena itu bukan styleku. Niatnya murni baik.

Tapi, aku-nya sudah kadung patah arang. Bukannya diperbaiki cara menulis dan bertuturnya, aku malah merajuk. Nggak mau menulis lagi. Ceritanya, hatiku mengalami badai tsunami, perlu waktu buat nerima kenyataan tulisanku sekacau itu.

Blognya pun dibiarkan tak terurus. Hidup segan, mati pun ogah😂

Sampai akhirnya, aku mulai menulis lagi. Gabung di komunitas dan mengambil kelas menulis. Barulah nyadar betapa aku rindu nge-blog lagi. Masalahnya, balik ke blog yang dulu lupa passwordnya, dan mau bikin blog baru nggak tahu caranya.

Alhamdulillah, di Estrilook Community, komunitas menulis yang ku ikuti, ada materi training blog untuk pemula, yang di asuh oleh mbak Steffi Budi Fauziah seorang lifestyle blogger, pemilik blog steffifauziah.com.


Materinya mencakup apa itu blog, manfaat blog, fungsi blog, serta dua tempat blog gratis yang bisa digunakan, yaitu, wordpress dan blogspot.

Yang asyiknya, cara penyampaiannya ringkas, dan didukung video tutorial. Memudahkan siapa saja untuk mengikutinya.

Hasilnya, sungguh diluar dugaan. Cukup dengan mengikuti petunjuk dari mbak Steffi, membuat blog ternyata sangat mudah. Bahkan, untuk emak-emak lemot pemegang rekor ter-gaptek macam aku, mampu mengikutinya, dan berhasil bikin blog baru. Subhanallah. Alhamdulillah🙏

Terima kasih mbak Steffi Fauziah untuk ilmunya, dan terima kasih buat Estrilook.com, yang begitu murah hati memanjakan member-membernya dengan pengetahuan bermanfaat.

Pokoknya, training blog untuk pemula ini rekomen banget buat siapapun yang ingin punya blog, terutama untuk pemula maupun si gaptek menahun. Dijamin, gapteknya langsung sembuh dan kita tiba-tiba udah punya blog aja. Rasanya, puas banget, deh, dijamin!

Sekian review dariku hari ini, semoga bermanfaat. Sampai jumpa dilain waktu ya. Bye-bye




You May Also Like

10 komentar

  1. wah sempet stop ngeblog? sama dong kisahnya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak. Waktu itu masih cengeng banget, ngerasa pede bisa nulis, dapet kritik dikit lgsg down, makanya kemampuan nulisnya gak kunjung berkembang dari dulu��

      Delete
    2. Btw, tengkiyu ya mbak udah mampir☺️

      Delete
  2. Waah...ga jauh beda ya ternyata sama saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya mbak,tos dulu kitah. Makasih udah mampir ya☺️

      Delete
  3. Menulis memang paling nyaman yang passs sama karakter kita ya mba, hepi ngeblog 😍

    http://www.innaistantina.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, to be myself dlm menulis bikin menulis jd happy. Tengkiyu udah mampir ya mbak��

      Delete
  4. Aku blass belum pernah punya blog. Pemula pake banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak papa bu, saya memang sdh pernah nge-blog tp kemampuan nulis saya msh jln di tempat😅

      Delete
  5. Semangat terus mba... aku malah newbie bgt di dunia blog...

    ReplyDelete